There are days where you dont want to talk, but write..

Mainly written in two lingos (Bahasa & English).

Ps. my apologies if there is any spelling or grammatical error.

Sunday, May 23, 2010

The sweetest things are the simplest things..

Rasa syukur..
Kedengarannya simple.

Cuma terdiri dari dua suku kata. Rasa dan Syukur.

Tapi untuk menimbulkan dua suka kata tersebut dalam diri. Dan untuk menyuruhnya tinggal dalam diri manusia. Sama sekali tidak simple.

Mario (biasa dipanggil Inyo), pria muda berusia 27 tahun, berkarir cukup cemerlang disebuah Engineering Company di Indonesia.

Sering sekali dia mengeluh..

“Duh, kayaknya kok gue nggak bisa apa-apa ya..”
"Bosen gue ni sama kehidupan gue yang monoton banget kayak kereta sama relnya.."
“Gue ngga berguna banget kayaknya..semua orang bisa ini dan itu..tapi gue?!”
“Pengen mati muda aja deh gue rasanya..setiap nyoba sesuatu perasaan kok nggak maksimal, gagal ujung-ujungnya..ARGH nasib..”

Dan lain-lain.

Luckily..ada Lenka (biasa dipanggil Bawel), sahabat cewe satu-satunya yang dimiliki Inyo, yang membuat dia tersadar. Pelan tapi pasti.

Lenka melontarkan pertanyaan-pertanyaan yang sebenarnya ringan, tapi akhirnya bisa merubah seorang Inyo..

“Inyo, lo tuh cowo ye, tapi bawelnya amit-amit deh. Kerjaan padahal ok, tampang lebih dari Pass grade, tapi kerjaan sampingannya, ampun deh gue kagak tahan, ngeluuuuh mulu. Sekarang gue tanya deh sama lo, nyokap lo di rumah lagi ngapain?”

*Sambil mentoyor kepala Lenka*

“Enak aje bawel, gue kebanyakan jalan sama elu lah, makanya jadi bawel dan jadi amit-amit kayak elu”…”HAHHAHA” Inyo pun tertawa puas.

“Nyokap gue di rumah lah, masakin gw sop buntut kesukaan gue donk, bokap gue lagi jengukin kebun kelapa sawitnya di Bengkulu..siapa lagi yang mau lo tanya, Wel? Adek-adek gue? Lagi pada maen Wii palingan. Kalo engga ya lagi jalan ke Mall lah..”

“Udah puas belom ni sama jawaban gue, Wel?”

*Lenka pun garuk-garuk pantat, lalu menjawab..*

“Emang lu ye, kamfrett. Ngga berubah dari jaman nenek gue masih seneng pake rok mini.”

*Inyo cuma cengar-cengir sambil pencet-pencet BBnya*

“Nyo, lo sambil mainin BB lo aja terus, anggep aja gue nggak ada di depan lo yeh..Nyo, kadang tu gue bingung sama lo, kerjaannya ngeluh mulu, udah kayak orang ketusuk beling dan belingnya nggak keluar-keluar. Padahal, lo ada nyokap, bokap, plus 3 adek yang menurut gue asik banget..”

“hmm..gimana elo diposisi gue ya Nyo, udah gantung diri dari kapan-kapan kali yaa.”

“Nyokap, bokap, sama 2 adek gue meninggal karena kecelakaan, pas mereka mau jemput gue di rumah nenek gue. Waktu itu malem-malem lagi hujan lebat banget, mobil yang disetirin sama Pak Tukir, mantan sopir keluarga gue, tabrakan sama truck tepat 1 km sebelum rumah nenek gue. Singkat cerita, mereka meninggal 20 menit setelah kecelakaan, karena kehabisan terlalu banyak darah..”

“Pasti lo mau bilang, gue drama queen, ngada-ngada cerita, blah blah blah..TERSERAH..”

“Gue bukan tipikal orang yang pengen dikasihanin sama orang lain dan dianggap lemah karena masa lalu gue yang nggak biasa, FYI, gue pernah masuk rehabilitasi mental, yah nama kerennya RSJ kali ya.. Sebentar doank sih Nyo, karena gue bener-bener shock Nyo..waktu itu gue kelas 1 SMP..Anyway, sekarang gue ketemu elo, gue kok malah jadi kasian ya sama elo. Kasian sama kuping gue juga tepatnya..Dengerin keluhan yang sebenernya sih ngga perlu dikeluhin terus-terusan.”

“Selama ini gue nggak pernah cerita sama siapapun, karena gue belum ketemu sama orang yang pengen gue certain, sampe akhirnya..here you go..ketemu sama lo, the perpetual whinger!”

*Inyo masih dengan ekspresi mulut menganga, karena kaget, nggak bisa berkata apa-apa*

“Tapi Wel, selama ini, orang yang lo panggil Mama-Papa itu siapa? Yang gw selalu bawain martabak keju sebagai pajak gue kalo mau ajak lo jalan?”, tanya Inyo.

“Ya itu emang Mama Papa gue. Tapi bukan kandung, Mama gue yang lo suka bawain martabak itu sebenernya kakaknya alm. Nyokap gue Nyo, Papa itu suaminya dan adek-adek gue yang sekarang adalah anak-anak mereka..Tapi mereka emang purely gue anggep kayak keluarga inti gue sendiri, mungkin kalo ngga ada mereka, gue masih di RSJ Nyo..”

*BB Inyo berbunyi berkali-kali tapi dibiarkan oleh Inyo. Perhatiannya kali ini cuma tertuju pada Lenka*

“Wel, udah donk Wel..lo nggak perlu lagi sampe cerita semua ke gue. Emang gue bisa bantu apa coba sekarang, lo malah sedih kan yang ada, inget semuanya..udah yuk ah..cabut..kita cari siomay kesukaan lo aja yuk..”

*Mereka pun beranjak pergi mencari siomay*

Setelah seharian pergi. Merekapun kembali ke rumah masing-masing, tepat jarum panjang di angka 12 dan jarum pendek di angka 8, malam hari.

Di rumah Inyo, semuanya sudah berkumpul di meja makan, lengkap dengan sop buntut kesukaan Inyo.

Inyo pun berfikir tentang semua kata-kata Lenka..bahkan dia langsung menelpon sahabatnya itu.

“Wel, gue donk makan sop buntut..lo kalo mau kesini ye..”

Diseberang telepon pun terdengar suara tawa Lenka.

“HAHAHA..dasar tukang basa basi. Jam segini masih aja jualan. HERAN. Abis lo drop gue, baru deh lo nawarin gue sop buntut buatan nyokap lo..udah sana makan, ngga usah kebanyakan ngemeng. Gue udah makan balado ikan buatan nyokap gue”

“Yaudah gue makan ye. Lo ngiler doank aje. HAHAHA...byee” Inyo pun tersenyum lega mendengar sahabatnya sudah makan malam.

"Cewe aneh..nanyanya simple banget..dampaknya nggak simple sama sekali.." gumam Inyo dalam hati..

Seminggupun berlalu.

Mereka catching up di hari Sabtu kali ini..

“Nyo, kenapa sih, muka lo lebih asem dari ketek gue deh hari ini”

“Tae lah lo Wel, gw hampa ni..” kata Inyo pelan-pelan. Berusaha sesempurna mungkin mengontrol suara Baritonnya supaya Lenka tidak dengar apa yang barusan dia katakan.

“HEH? HAMPA?”..Buset, kesambet apa Nyo bisa ngomong gitu..tumben, biasanya aja kalo gue yang bilang gitu, lo bisa ngakak sampe kentut-kentut..” kata Lenka dengan nada sangat antusias.

Inyo pun mendadak berubah menjadi sangat serius.

“Wel, nenek gue baru meninggal kemarin lusa. Inget kan, pas lo ngomel-ngomel karena HP gw mati seharian..”

Lenka menjawab dengan anggukan kepala sambil menatap Inyo dengan ekspresi yang sangat plain.

“Padahal dulu gue selalu ngeluh ya ke elo,.nenek gue bau badan lah, cerewet lah, banyak maunya..terutama bagian dia minta gue pakein baju setiap habis mandi..karena sejak dia kena struk, dia nggak bisa pake baju sendiri, perlu gue yang ngebantuin..”

“Ternyata sekarang gue ngerasa hampa Wel..kehilangan banget rasanya..apalagi kalo jam-jamnya nenek gue mandi..biasanya kan abis mandi gue yang dimintain tolong pakein bajunya..”

“Kalimat terakhir nenek pagi sebelum dia meninggal..: “Cah Bagus - yang artinya anak laki-laki ganteng dalam bahasa Jawa – bantuin eyang pake baju ya, eyang udah nda' bisa pake baju sendiri sekarang, maklum yo Cah Bagus, eyang ki wis tuek kok ya cuma bisa ngerepotin terus..mau boboan sebentar sudah ini, abis mandi kok yo seger tenan jadi ngantuk..”

Sabtu itu, pertama kalinya Lenka melihat Inyo menitikkan airmatanya. Tapi dengan segera, Inyo menyeka airmatanya dengan lengan kemejanya.

Inyo tetaplah Inyo. Nggak akan pernah mau terlihat sensitive sedikit. Apalagi di depan seorang wanita.

“Wel, sekarang gue ngerti, kenapa elo segitu sebelnya sama gue yang sering banget ngeluh..dan gue ngerti juga kenapa elo sampe cerita kisah masa lalu lo yang pastinya bikin lo sedih karena keingetan lagi, cuma buat bikin gue "bangun"..I really appreciate that

“Ternyata kalo dibanding sama lo, gue emang cupu banget. Lebih dari drama queen. Ngeluh yang sebenernya ngga perlu sama sekali..”

“Baru kehilangan nenek gue aja, gue ngerasa hampa sehampa-hampanya Wel..”

“Gimana elo ya, kehilangan satu keluarga lo..in this case we’re talking about your beloved mom, dad, sister and brother..”

“Thanks banget ye Wel! Mungkin juga kalo bukan karena lo, gue udah masuk RSJ dan ngga keluar lagi, atau mungkin malah udah masuk headline Koran “Seorang Lelaki Muda Tewas Gantung Diri”..”

“HAHAHAHHA” – mereka berduapun tertawa puas.

“NAH sekarang gue tau Nyo bakat baru lo..” kata Lenka dengan spontan.

“Ya iye lah emang gue banyak banget bakatnya..ngga usah elo, nyokap gue aja bisa nemuin bakat baru gue tiap hari..” kata Inyo nggak mau kalah..

“Tapi gue yakin Nyo, bakat yang ini emak lo juga nggak tau..bakat lo jadi DRAMA KING..HAHAHHAHA..gue aja tuh nggak pernah kepikiran buat gantung diri..sakit kan kena tambangnya gitu dileher..eh seorang elo malah sampe mikir masuk HEADLINE Koran. Ckckckck.”


*Merekapun tertawa terbahak-bahak, sambil saling toyor..menuju mobil dan mengakhiri Sabtu itu dengan penuh makna*


Sometimes, the sweetest things are actually the simplest things..We just haven't discovered them yet, or worse..we are being too ignorant.


Have a perfect day everyone! :)


LpW

No comments: